Friday, September 28, 2007

Buka Puasa

BUKA PUASA BARENG JAMRUD

Tgl 21 Sept 2007 Modes (Moslem of Design) ngadain Buka Puasa bareng artis personel Jamrud yaitu Krisyanto dan Ricky Teddy. Acara yang dimulai dari jam 15.00 sampe jam 18.00 membuat rasa kebersamaan itu benar2 terasa, gimana nggak? baru kali sie Modes ngundang artis buat buka bareng. Sayang aQ gak bisa dateng dikarenakan acc tugas yang menghabiskan waktu sampe jm 16.30, pengen dateng c coz dpt tiketnya tapi takut keburu kelar heuheuheu. Eniwei acaranya bener2 kerasa kok walopun cuma dengerin cerita-cerita dari 2 temenku Dona dan Blognya Cak Ayos http://hifatlobrain.blogspot.com jadi pengen ikut deh. Semoga dengan acara tersebut Modes lebih banyak dikenal dan terus berjuang menyampaikan dakwah....amin




Thx to:
Article.......Dona
Article+Foto.......Cak Ayos

BUKA PUASA BARENG TEMEN-TEMEN

Tgl 28 Sept 2007 ada acara buka puasa bareng + sholat tarawih bersama diadakan dirumahku.....tiap tahun c acara buat bulan Ramadhan selalu ada dirumahQ. Kali nie acaranya didominasi ama anak-anak SD....reuni sekalian gitu tapi temen yang lain jg banyak yang datang kok, temen sesama blogger yang jg temen kampuQ juga dateng......wah acara bukanya jadi nikmat deh...smoga diberi umur yang panjang deh biar bisa buat acara kayak gini tiap tahunnya.....amin




Thx to:
Wulan........yang udah bantuin acara
Harto, Bayu, Himawan, Rizal, Dhani........yg udah bantuin suksesin acaranya + ngangkat2 kursi hehehe
And temen2 yang udah bersedia dateng, smoga dapat bertemu lg dilain waktu

Monday, September 24, 2007

Ouch, My Tag Habit!

Akhirnya kukerjain juga deh peer dari mas dokter cinta heuheu, benernya juga sempet binun sie apa aj yg mo dimasukin coz banyak banget kebiasaan yang aQ lakuin, tapi kali aQ masukin yang frekuensinya paling sering aQ lakuin. simak yo! hehehehe...........
1. Baca Komik
Selain kujadikan penghilang stress disaat tugas bejibun, komik juga sebagai obat pengganti pacar hehehe gimana gak tiap hari ada aja komik yg kubaca, dulu sie getol-getolnya beli komik sampe punya koleksi lebih dari 400 tapi sejak lulus SMA udah jarang beli dikarenakan harga komik yg semakin meninggi, gimana mau makan kalo beli komik harga segitu. Tapi rasa kangenku ama komik terbayar sudah dengan adanya persewaan komik deket kampuz.....thanks to gomu-gomu

2. Bawa Kamera
Tiap hari dimanapun berada selalu ada kamera di tasQ, kalo gak kamera sony ya kamera hape coz foto selalu bisa mengabadikan kejadian ato moment penting maupun yang jayus banget. So banyak banget foto yang aQ tampilin di blog

3. Ngincipin
Paling doyan deh kalo ngincipin makan palagi ditraktir sekalian......uenak tenan. Dengan makanan aQ bisa tambah semangat n tambah tenaga lho asal jangan kebanyakan ntar kegemukan yang pasti penggemar setia kuliner hehehe.

4. Susah tidur
Nah ini dia kebiasaan jeleknya selalu tidur tengah malem, rata-rata jam 2 pagi bisa langsung teler.....udah kebiasaan dari kecil sie jadi walopun tetep diusahakan masuk kamar jam 10 tetep aja mata gak ngantuk2 yang ada rasa bosen deh pengen nglakuin sesuatu biar bisa tidur paling mentok yo baca komik.

5. Gambar
Yes I Like It! dari kecil juga udah kebisaan corat-coret pada tempat yang berbackground putih ntah itu kertas ato tembok pasti kugambarin deh. Sampe pernah gambar di wastafel yang pada akhirnya dimarahi ama ortu terus disuruh nyikat deh sampe bersih.....tapi ternyata kebiasaanQ gak sia-sia juga, akhirnya kumenemukan tempat kampus tercinta yang bisa ngembangin bakatQ.


6. Komputer
Kalo lagi dilanda kebosenan ato lagi kesel ama sesuatu biasanya larinya jg ke komputer. yupz...coz komputer rumah bisa diandalkan buat ngenet, blogging, ngedit, nulis, dengerin musik sampe foto2. hm pacar kedua setelah baca komik deh heuheuheu

7. Radio
Paling seneng kalo dengerin lagu lewat radio palagi kalo udh kangen ama penyiar galu (garing tapi lucu) mirip jayus y? tapi bikin ngakak kalo dengerin mereka cuma gak pernah sih cuap2 diradio lewat telpon hanya sebatas ngederin kok. Paling sering didengerin ibs fm, merdeka fm, dj fm, colours fm, dll teruz paling seneng am penyiar koko yo dan koko miki......dasar mereka emang gokil!

8. Cangkruk
Terakhir nie paling asyik cangkruk! istilah kumpul-kumpullah biasanya abis kuliah langsung deh cangkruk ama temen-temen sering becanda, main uno, sharing pokoknya gak sampe ngegosiplah coz kasian seh org yg digosipin palagi kalo diri sendiri rasanya gimana gitu.....merasa kurang padahal blom tentu.

hm...hm...selesai sudah peerQ, nah yang kebagian dapet peer sapa ya?.......simak2 sapa tau km yg kena hehehe:
1. angga: republic-go-blog.blogspot.com
2. mas toex: toex.blogspot.com
3. ayos: hifatlobrain.blogspot.com
4. mas ardian: dilarangmasuk.blogspot.com
5. metto: slamet-syahrir.blogspot.com
6. aqu: blog-aqu.blogspot.com
7. agaz27: augusto-ruangrindu.blogspot.com
8. mommo: alwaysmommo.blogspot.com

Oh ya buat yang kedapetan peer dariQ, ada undang-undangnya juga lho....
1. Each blogger must post these rules
2. Each blogger starts with eight random facts/habits about themselves
3. Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their eight things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose eight people to get tagged and list their names.
4. Don't forget to leave them a comment telling them they've been tagged and to read ur blog.
Met ngerjain yo.....

Saturday, September 22, 2007

Desainer Itu Apa Sih..??


Assalamualaikum wr.wb.
Marhaban Ya Ramadhan.. pertama-tama saya haturkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia,khususnya di Indonesia,semoga Ramadhan kali ini membawa berkah bagi kita semua.Saya selaku sekretaris pribadi dari mbak Aileena kali ini akan memposting sebuah tulisan dari saya,yang inspirasinya datang dari berbagai pihak.Berikut tulisan saya,silahkan menyimak.....

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN FENOMENANYA DALAM MASYARAKAT DI INDONESIA

Waktu kita masih di masa kanak-kanak, seringkali kita diberi pertanyaan mengenai cita-cita kita setelah dewasa nanti. Ada yang menjawab ingin menjadi dokter, pilot, insinyur, ilmuwan, dan masih banyak lagi jawaban serupa. Berbagai profesi itu dianggap yang paling baik, dan telah ditanamkan oleh para orang tua kepada anak-anaknya. Jadi bila kita bertanya pada anak-anak, bisa dipastikan jawaban mereka rata-rata seperti itu.Lalu setelah dewasa kita mulai berfikir, belum tentu berbagai profesi itu cocok dengan kita. Maka jalan lainnya adalah mencari bidang minat kita. Mungkin bisa berasal dari sekedar hobi, keinginan, atau bakat terpendam.

Ketika kita berbicara tentang desain komunikasi visual, atau lebih dikenal dengan desain grafis, dan perancang grafis, banyak orang awam dengan berbagai anggapan mereka. Kata mereka ”Desain grafis itu apa sih?”, ”Apa seperti seniman yang suka melukis itu?”, ”Cuma gambar-gambar saja apa susahnya”, atau ”Memangnya pekerjaan desain grafis itu apa?”. Sambutan yang simpang siur itulah yang membuat desain grafis seperti dianggap remeh di mata masyarakat kita. Pengetahuan yang kurang mengenai desain grafis. Ada yang beranggapan pula bahwa pekerjaan sebagai seorang desainer grafis tidak menjanjikan. Padahal kenyaatannya tidak seperti itu, bahkan bisa saja kebalikannya. Bila kita bisa melihat lebih jauh, desain grafis di Indonesia sudah berkembang hampir selama tiga dekade. Berbagai peran dan karya-karya desain grafis banyak bermunculan di negeri kita. Sungguh sangat disayangkan bila anggapan masyarakat seperti itu.

Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pekerjaan desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Cakupan dari desain grafis sangat luas, mulai dari perencanaan cover buku fiksi dan nonfiksi berikut layout halaman isi, majalah, koran, tabloid, cover kaset, CD, VCD, kalender, brosur, leaflet, katalog pameran, stationary, web design, logo, corporate identity, peta lokasi, brand name, kemasan, poster, pembuatan berbagai ilustrasi hand drawing dan airbrush, serta banyak lagi ragamnya. Tetapi, yang jelas, desain grafis erat kaitannya dengan proses cetak. Melalui media cetakan ini, desain grafis berfungsi sebagai jembatan penghubung antara para pihak yang berkepentingan di dalam dunia bisnis dan hal-hal yang berkaitan dengan media komunikasi.

Sebenarnya setiap orang bisa bertindak sebagai desainer, setidaknya bagi diri sendiri. Desain grafis itu sendiri baru dikenal setelah pertengahan abad kedua puluh yang salah satunya berangkat dari berbagai seniman dan artis-artis komersial dalam kegiatannya mempromosikan iklan. Kemudian karena dirasa sangat dibutuhkan, maka mulai berkembanglah desain grafis. Mulai dari gerakan Seni dan Kerajinan(Arts & Crafts Movement), kemudian masa Art Nouveau hingga di masa modern Art Deco, muncul media desain grafis yang paling besar peranannya dalam menampilkan gaya-gaya desain yaitu poster, baik yang bersifat komersial maupun sosial kebudayaan dan militer. Kemajuan teknik dan perkembangan gaya-gaya desain banyak ditampilkan lewat media desain grafis ini.

Kembali lagi kepada desain grafis dan profesinya. Meskipun desain grafis mulai dibutuhkan seiring dengan perkembangan industri dan periklanan, tetapi ironisnya di Indonesia masih saja dianggap hanya sebagai pelengkap, bukan sebagai yang utama. Buktinya bisa kita lihat, di beberapa perusahaan mewajibkan para desainer membayar untuk bisa mengikuti pembangunan suatu proyek. Juga masih rendahnya standar harga desain di Indonesia, karena di mata konsumen hanya dianggap sebagai harga produksi, bukan sebagai suatu ide, gagasan ataupun konsep. Ironis memang.

Dan desain grafis di jaman sekarang ini memang telah banyak terjadi perubahan. Penyampaian ide-ide melalui desain grafis, yang dulu banyak dipakai untuk menyampaikan ide perjuangan yang sifatnya nasionalis, kini telah berubah menjadi alat perjuangan kapitalis. Berbagai macam iklan di media massa, adalah karya desain grafis yang ditujukan untuk menjual produk. Desain grafis menjadi bagian dari kegiatan periklanan, sebuah kegiatan yang tidak mungkin dipisahkan dari praktek ekonomi yang mengutamakan pada keuntungan. Ternyata desain grafis berkembang dengan penyalahgunaan. Tetapi di lain pihak, hal ini juga bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang desainer grafis.

Di era globalisasi dan di tengah-tengah perkembangan dunia yang pesat ini, tentunya desain grafis semakin dibutuhkan. Dan semakin majunya teknologi, maka desain grafis pun mulai beralih. Dari yang tadinya hanya menggunakan tenaga manusia, mulai menggunakan berbagai alat teknologi yang semakin canggih, memudahkan desainer untuk merancang tampilan visual.

Sekarang ini,desain grafis diyakini sebagai sebuah karya seni rupa yang padat teknologi, mempunyai peranan penting dalam masyarakat, menjadi suatu dampak yang luas sasarannya. Mengapa? Karena dengan adanya desain grafis bisa memberikan informasi kepada masyarakat atau konsumen. Ia mempunyai daya tarik tersendiri kepada konsumen untuk diajak membeli dan menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan kepadanya. Ia juga pintar mengajak masyarakat untuk berpikir mengenai sesuatu yang selama ini tidak pernah terpikirkan olehnya. Dengan begitu, ketika kita mengenal dan mendalami desain grafis, maka kita seolah-olah menjadi pembawa kabar kepada manusia dalam bentuk komunikasi visual yang mencakup segala bidang kehidupan manusia, baik dengan tujuan komersial maupun tujuan sosial. Oleh karena itu, anggapan desain grafis dan profesinya itu tidak lagi semata-mata hanya seseorang yang jago teknik komputer grafis dengan segala program-programnya dan pandai membuat berbagai ilustrasi menggunakan pensil warna, cat poster, cat air, rapido dan berbagai alat gambar. Tetapi yang lebih tepat, ”Desainer Grafis adalah seorang perancang, pencetus dan penemu ide pertama.” Mari kita beri applaus untuk para desainer grafis di Indonesia!!! Bahkan bila boleh saya tambahkan, Tuhan yang menciptakan kita, Allah SWT. , adalah desainer, bukan ekonom, bukan pula akuntan (-saya kutip dari kata-kata seorang teman saya,mas Ayos,yang telah memberikan banyak masukan inspiratif,terima kasih mas Ayos-). Allah-lah yang mendesain jagat raya, bumi beserta isinya dengan segala kompleksitasnya. Yang merancang tubuh manusia hingga sedemikian rupa. Dengan kegunaan yang sangat bermanfaat pada masing-masing hasil rancangan/desain Allah. Hebat bukan. Saya tekan kan sekali lagi, Allah SWT adalah desainer.

Maka dari itu, kita perlu menyadarkan masyarakat, bahwa desain grafis bukan hanya mencakup bidang yang itu-itu saja dan tidak bisa menjanjikan untuk masa depan. Rubah semua anggapan-anggapan itu. Desain grafis bisa menjadi ladang pekerjaan yang sangat menjanjikan. Bukan sekedar asal menggambar langsung jadi. Dan agar masyarakat tidak lagi berpandangan sebelah mata tentang desain grafis, dan bahwa desain grafis di Indonesia amat sangatlah diperlukan, seiring dengan berkembangnya kebudayaan dan teknologi.
..................................

Demikian tulisan dari saya.Semoga tulisan saya bisa memberikan manfaat.Terima kasih kpada mbak Aileena yang telah mengijinkan saya untuk memposting tulisan ini.
Wassalam.

Monday, September 17, 2007

Pameran 1001 IDE

Acara kampuz kembali beraksi! kali ini adalah acara pameran 1001 IDE dari warga untuk warga halah.....yang pasti acara ini atas usaha penuh maba 2007 serta usaha para warga Despro.
Pameran hasil karya calon-calon desainer berusaha menampilkan yang terbaik dan sebagi wujud kreatifitas bahwa anak muda Indonesia gak kalah lho ama desainer luar negeri hehehe......
YEAH! I'm coming to be designer

IDE, komunitas designer muda

Salah satu hasil karya anak muda yang dipamerkan

Stan Pameran

Ada juga karya yang digantungin kayak gantungan baju

Kayaknya penuh dengan suasana desa deh tuh stannya karya

Karya dari kertas-kertas yang dibentuk

Yes! karyaku masuk pameran rek!

Who's that?.............

Maba 2007 yang ikut semangat berpartisipasi


Thanks to:
Fotografer...............Wulan
Article..................Diah, Wulan, Edo

Friday, September 14, 2007

Chinese art



How does it work?
Cuma ada sisa-sisa gambar di kompi yang kebetulan aja banyak gambar-gambar chinese trus aQ manfaatin buat bikin chinese art

Pake apa bikinnya?
Standartlah pake Adobe Photoshop CS 2 dan cuma memainkan 4 tool: Pen tool, Blur tool, Move tool am Clone Stam tool. Lainnya cuma memainkan Opacity, Feather ama Layer

Berapa lama?
Sehari cukup kok

Ada berapa gambar yg diambil?
40 Gambar trus aQ cropping dan digabung jadi satu dalam ukuran A4

Susah gak?
Hm....hm... enggak juga cuma mainin 4 tool aja kok yang susah cuma gimana ngeletakin posisi gambar yang pas biar bisa dilihat bagus

Ada feel gak?
Pas ngerjain sie banyak feel yang aQ tuangin tapi pas detik-detik terakhir feelnya lagi menipis tapi harus semangat! Gak tau deh jadinya menurut orang-orang yang udah lihat tu gambar nangkep apa gak feelnya hohoho susah dah....

Monday, September 10, 2007

Kamdes 2k5

KAMDES 2k5? Apa tuh?.....
KamDes ato biasa disebut Kampung Despro adalah acara tahunan yang wajib buat dilaksanakan! Acaranya tentang seseorang ato kelompok yang mempromosikan dan menjual produk suatu perusahaan kepada seluruh masyarakat baik yang berprofesi guru, dokter, walikota sampe yang berprofesi malingpun.....mank bisa y? yang pasti acara yang diperuntukkan untuk MaBa (Mahasiswa Baru) 2007 ini memaksa untuk mempromosikan produknya secara kreatif dan menyesuaikan diri dalam lingkungan masyarakat tertentu maksudnya dituntut untuk bisa menyesuaikan cara berpromosi ato menjual kepada tipe ato golongan masyarakat......hayah! capek deh heuheuheu

Nah untuk yang senior-senior berperan sebagai profesi masyarakat tertentu, salah satunya.........

Mafia:

Maling:

Anak SD:

Turis:
Bangsawan Genit:

Montir Cantik:

Pengamen:

Polisi:


For maba 07 berperan sebagai salesman, Btw nie dia kejadian lucu and gokil abis bo!.....
Kayaknya ni maba lg ditodong ama maling?!?:

Branie amat nawarin produk ke para mafia >-< :

Pemanasan dulu ah sebelum jualan ^.^! :

Nyalon sambil nawarin barang, sapa tau dapet pelanggan!:

Nawarin barang sambil berpidato heuheu:

Iya mbak, saya turut berduka cita tapi jgn nangis terus dunk!


Hahahahaha......lucu banget deh! dari kejadian tersebut sales jg harus menyesuaikan diri tawarilah dagangannya pada orang2 yang membutuhkan bukan pada orang2 yang sedang kesusahan dan jangan menerima bayaran yang gak jelas....heuheuheu

Tuesday, September 04, 2007