Tuesday, November 06, 2007

ReDesign, got an error?

Akhirnya saya bisa kembali online setelah sekian lama tidak hadir
dalam dunia perbloggeran. Bukannya malaz ato gak ada inpsirasi baru
buat memposting sesuatu yang baru tapi akhir2 nie waktulah yang tidak
mengijinkan saya tuk bertegur sapa ato sekedar berkunjung ke blog.
Hm...hm... tampaknya saya harus pandai-pandai mengatur waktu nie, gimana tidak?
banyak jadwal-jadwal yang selalu bertabrakan apalagi didukung tugas-tugas kuliah terutama
tugas besar, dan hari ini baru bisa hadir kembali "welcome to my blog y hehehe"

Buat mas Agaz maap atas keterlambatan membuat peernya, kayaknya masih ada tanggungan nie dr kemaren-kemaren bulan puasa,
tapi pasti aku kerjain kok cuma gak bisa sekarang heuheuheu.


Ok, kali ini postingannya juga ngebahas soal Redesign. hohoho redesign?.........
Redesign maksudnya adalah mendesain ulang suatu proyek khususnya yang berhubungan dengan desain.
Mendesain ulang gak hanya asal desain tapi harus melalui proses pematangan yang terdiri dari...
1.Proses Brainstorming
proses ini biasanya mencari atau menemukan sebuah konsep dari ide-ide yang didapat. dan konsep itu bisa disimpan dalam sebuah sketsa berbentuk thumbnail
2.Proses Meeting internal
biasanya proses ini merupakan penyaringan dari ide-ide yang dibuat yang selanjutnya dimatangkan dengan menentukan konsep apa yang dipilih yang disimpan dalam bentuk
rough desain, yaitu pengembangan dari proses thumbnail.
3.Proses Presentasi
Nah yang ini merupakan proses mempresentasikan konsep yang telah dipilih dan sudah dibuat materi visualnya. selanjutnya presentasi ini akan ditujukan pada klien
yang ingin melihat hasil desainnya dengan bentuk comprehensif desain.
4.Proses Eksekusi
jika klien sudah menyetujui desain yang dipresentasikan, pada proses ini biasanya seorang desainer melakukan proses perbaikan sesuai dengan kesepakatan bersama
dan merupakan final artwork yang harus diselesaikan dengan sempurna.
Oh ya proses ini sudah menjadi patokan international dalam dunia desain. jadi seorang desainer juga harus melalui berbagai proses terlebih dahulu sebelum mengajukan
hasil akhirnya. ingat lakukan proses terlebih dahulu jangan seenaknya sendiri langsung menyerahkan hasil jadi, karena klien tidak akan puas dengan desain yang kita
buat dan klien adalah seorang raja yang harus dilayani dengan profesional.

Contoh Rough designx


contoh Final designx


Sekarang apa aja sih yang bisa diredesign?
Banyak! gak hanya meredesain sebuah poster event, cooperate identiy, web desain, packaging, periklanan, dll
Gunanya?...
biasanya dengan melakukan redesign memberikan citra atau image yang baru pada suatu produk atau jasa. Tau logo pertamina yang lama kan? Nah itu dia kenapa logo pertamina
berubah menjadi bentuk yang simpel dengan menghabiskan uang milyaran? Tentunya pertamina mempunyai suatu misi dan visi yang baru, mungkin dengan merubah sistem kerjanya atao merubah manajemennya
atau bisa juga merubah citra atau image pada publik. jadi tidak hanya sembarangan merubah sesuatu tapi juga memerlukan suatu proses yang matang.

Semoga desainer Indonesia tetap berjuang untuk selalu maju. Hidup desainer Indonesia!!!